PROPOSAL PENDIRIAN PMB
PROPOSAL
PENDIRIAN PRAKTIK MANDIRI
BIDAN (PMB) AMARA VISCA
DI JL. AMALIA
PENGGILINGAN KECAMATAN CAKUNG
JAKARTA TIMUR
DISUSUN OLEH :
AMARA VISCA M
NPM 154011301
DIPLOMA
III KEBIDANAN
POLITEKNIK
KARYA HUSADA
TAHUN
AJARAN 2020/2021
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hanya dengan limpahan
rahmat-Nyalah saya dapat menyelesaikan proposal dengan judul pengajuan pembangunan “PMB Amara Visca”. Dengan
terselesainya proposal ini saya berharap, agar setelah membaca dan mempelajari
proposal ini bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih baik dan sebagaimana
tertera dalam tujuan pembuatan proposal ini. saya mengharapkan segala masukan
baik kritik maupun saran demi tersempurnannya proposal ini.
Besar
harapan saya proposal ini dapat diterima dan terlaksanakan dengan baik sesuai
rencana. Terimakasih saya ucapkan kepada pihak-pihak terkait, investor, dan
teman-teman sekalian. Akhir kata semoga pendirian PMB ini dapat ikut berkontribusi dalam mensejahterakan klien serta
menurunkan angka kematian ibu dan anak.
Depok,
20 November 2020
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang ......................................................................... 1
1.2 Visi
dan Misi............................................................................
2
1.3 Tujuan
Rencana Usaha............................................................
3
BAB II GAMBARAN UMUM
RENCANA USAHA
2.1 Gagasan
Usaha.........................................................................
4
2.2 Analisis SWOT........................................................................
5
2.3 Inovasi/unggulan Layanan ....................................................... 5
2.4 Jenis Layanan
dan Harga-Harga...............................................
8
2.5 Tempat
atau Lokasi Usaha........................................................
9
2.6 Kelayakan
Usaha ..................................................................... 11
2.7 Jenis dan
Jumlah Tenaga yang Dibutuhkan..............................
13
BAB III PEMASARAN
3.1 Aspek
Pemasaran.....................................................................
17 3.2 Strategi Pemasaran 17
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan..............................................................................
21 4.2 Saran 21
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Bidan sebagai seorang pelaksana atau pemberi layanan
kesehatan (health provider) sangat
berpengaruh pada perkembangan kesehatan dan perubahan pola hidup masyarakat di
Indonesia. Peranan bidan sebagai role masyarakat dapat menjadi motivator serta
fasilitator untuk membentuk sebuah peradaban dan tatanan sebuah pelayanan
kesehatan. Pada era globalisasi saat ini, tenaga kesehatan dituntut untuk
puncak yang lebih baik, mampu bersaing dan melakukan perubahan terhadap
kesehatan di Indonesia.
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang
dengan angka kematian ibu (AKI) yang relatif masih tinggi dan permasalahan
tersebut masih sulit untuk diatasi. Kualitas manusia, diantanya ditentukan oleh
keturunan. Manusia yang sehat dilahirkan oleh ibu yang sehat. Sejak konsepsi
hingga lansia, bidan sangat berkontribusi dalam pembentukan generasi yang kuat,
berkualitas dan produktif. Penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita
merupakan indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu upaya
pencegahannya adalah melakukan persalinan yang ditolong tenaga kesehatan di
fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memberikan pelayanan paripurna, serta
dapat mempromosikan dan menyediakan pelayanan yang berkualitas.
Selain berkontribusi penting pada ibu dan anak, bidan
dituntut untuk dapat mengatasi permasalahan remaja dalam pemahaman kesehatan
reproduksi, pasangan usia subur, serta lansia dalam menghadapi perjalanan akhir
hidupnya. Oleh sebab itu, saya merancang PMB (Praktik Mandiri Bidan) sebagai
penyedia layanan kesehatan yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan ibu dan
anak tetapi dapat merangkul masyarakat untuk membangun masyarakat yang peduli
dengan kesehatan dan dapat berperilaku hidup sehat.
Pelayanan yang saya berikan kepada masyarakat tak
hanya pelayanan umum kebidanan seperti ANC dan bersalin saja, akan tetapi hadir
dengan konsep baru yang lebih menarik dan berkualitas. PMB saya menambahkan
beberapa sarana dan program rutin seperti bulan ANC gratis, Hypnobirthing, Yoga for Pregnancy, Study for Golden Age, Family Planning Award, Day of
Lansia dan Duta Anti Narkoba, HIV/AIDS
and Free Sex. Saya harap dengan sarana dan program yang saya berikan,
masyarakat pengguna jasa layanan bidan dapat memperoleh akses pelayanan yang
bermutu dari standarisasi pelayanan praktik saya, memberikan inovasi yang baru
kepada masyarakat, agar masyarakat lebih tertarik untuk kehidupan yang lebih
sehat dan terencana.
1.2
Visi dan Misi
1. Visi
Mewujudkan
pelayanan kesehatan yang bekerja dengan hati yang tulus, tangan yang cakap
melakukan tindakan, aman, terpercaya dan terjangkau yang berdasarkan pada
nilai-nilai kepedulian dan kesigapan dalam melayani seluruh golongan dan
lapisan masyarakat juga menghormati adat dan budaya setempat.
2. Misi
a. Menciptakan pelayanan yang bekerja dengan segenap hati
sehingga pasien, keluarga pasien serta pengunjung bisa merasakan pelayanan yang
tulus
b. Membangun pelayanan yang professional, aman dan
terjangkau dalam pencapaian tenaga kesehatan yang ahli dan cakap dalam
melaksanakan tindakan
c. Membangun hubungan saling percaya diantara seluruh
elemen yang terkait antara mitra medis pelayanan kesehatan dengan pasien dan
keluarganya yang mendukung pola pelayanan kesehatan yang optimal
d. Membangun citra pelayanan PMB dimasyarakat luas
sehingga PMB mendapatkan simpati dan rasa percaya masyarakat untuk mendapatkan
penanganan medis diklinik
e. Menyediakan fasilitas pelayanan yang dapat menyerap
aspirasi masyarakat baik dari segi biaya, letak geografis serta adat dan budaya
sehingga dapat menjangkau seluruh golongan dan lapisan masyarakat.
f.
Memegang teguh
sikap pelayanan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kepedulian dan kesigapan
dalam melayani masyarakat.
1.3
Tujuan Rencana Usaha
1.
Tujuan Umum
Mewujudkan
PMB yang mudah dijangkau dengan pelayanan yang professional dan seefisien
mungkin serta untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap tenaga
kesehatan
2.
Tujuan Khusus
a.
Membantu program
pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi
b.
Terwujudnya PMB
yang mudah dijangkau dengan fasilitas kesehatan yang lengkap
c.
Terwujudnya
pelayanan profesional sesuai standar bidan
d.
Mampu memberikan
pelayanan yang ramah, sopan-santun, lemah-lembut serta tepat waktu, tepat
sasaran, tepat kebutuhan klien dan tepat biaya
e.
Terwujudnya PMB
Amara Visca sebagai layanan kesehatan yang mendapat kepercayaan dari masyarakat
serta bermanfaat
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1
Gagasan Usaha
Lulusan kebidanan yang banyak, berarti persaingan pun
besar. Oleh karena itu, bidan harus dapat melakukan suatu trik khusus yang
dapat membuat dia bisa kerja mandiri dan dikenal oleh masyarakat sebagai
pengguna jasa bidan dengan meningkatkan SDM dan kompetensi serta melihat
peluang usaha yang berkaitan dengan kebidanan.
Disini
saya melihat peluang usaha yang besar dengan mengikuti perkembangan pelayanan
masa kini dan berecana membuka praktek dengan mendirikan “Praktek Mandiri Bidan
(PMB) Amara Visca”
2.2
Analisis SWOT
1.
Strenght
(Kekuatan)
a.
SDM
1)
Lulusan DIII
Kebidanan
2)
Memiliki
sertifikat pelatihan (APN, Pemasangan KB implant, IUD, teknik Imunisasi,
USG, penanganan kegawat daruratan pada bayi asfiksia
3)
Memiliki
SIKB dan SIPB
4)
Memiliki
pengalaman kerja 2 tahun di RSUD HIS Kutai Barat
5)
Menguasai
bahasa daerah setempat
6)
Tidak mudah
menyerah
b.
Keuangan dan
Pendanaan
1)
Mendapat sponsor
dari perusahaan (PT. TCM)
2)
Mendapat
sponsor dari Keluarga
3)
Mendapat
sponsor dari tabungan sendiri
c.
Sarana dan
Prasarana
1)
Sudah
mempunyai lahan dan bangunan untuk membangun BPM
2)
Peralatan
sudah ada (dicicil saat bekerja)
3)
Peralatan
berkualitas tinggi
4)
Mempunyai
ruangan untuk senam hamil dan senam nifas
5)
Mempunyai
ruangan khusus untuk pelatihan memasak
6)
Memiliki
Ruangan mommy and baby shop
7)
Memiliki Ruang
Tunggu
8)
Memiliki Ruang
pemeriksaan
9)
Memiliki
2 Ruang persalinan
10) Memiliki 2 Ruang rawat
inap dan Kamar mandi di dalam
11) Memiliki Ruang pencegahan dan
pengendalian infeksi
d.
Lokasi
1)
Strategis karena berada di pinggir
jalan raya
2)
Strategis
karena satu-satunya pelayanan kesehatan yang ada
3)
Lokasi mudah dicapai dan mudah
ditemukan
e.
Kemitraan
1)
Bekerjasama
dengan puskesmas setempat
2)
Bekerjasama
dengan tokoh masyarakat setempat
3)
Bekerjasama
dengan ahli gizi di Puskesmas
4)
Bekerjasama
dengan RSUD HIS Kutai Barat
2.
Weakness
a.
Peralatan
belum memadai untuk mengatasi kegawatdaruratan
b.
Jangkauan ke
Rumah Sakit terlalu jauh, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak
diinginkan sangat sulit merujuknya
3.
Opurtunitty
a.
Mempunyai
lokasi tersendiri yang telah di setujui pemerintah
b.
Jauh dengan
lokasi bentuk pelayanan yang sejenisnya
c.
Masih sangat
minim tenaga kesehatan
d.
Memiliki
relasi yang banyak dan dapat dipercaya dalam upaya pendirian PMB.
e.
Masyarakat
yang cenderung tertarik terhadap suatu hal yang baru dan berbeda dari yang
lainnya.
4.
Treath
a.
Masyarakat
yang belum sepenuhnya percaya terhadap tenaga kesehatan
b.
Masyarakat
yang belum sepenuhnya mengerti pentingnya kesehatan
2.3
Inovasi/unggulan Layanan
PMB Amara Visca mengharapkan masyarakat dapat
menikmati saran dan program yang akan dilaksanakan agar masyarakat lebih
tertarik dan mau berpartisipasi dalam menata pola hidup sehat. Selain pelayanan
umum yang sesuai standar kebidanan seperti ANC, INC, PNC, BBL, KB dan KESPRO.
Sarana dan program yang diberikan ialah
1.
Bulan ANC Gratis
Bulan ANC Gratis ini ialah program yang bertujuan untuk mempermudah
masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Ante Natal Care (ANC) dengan kualitas
baik dan gratis serta meningkatkan antusiasme para ibu hamil untuk memeriksakan
kehamilannya agar dapat dilakukan deteksi dini untuk menangani permasalahan
yang lebih lanjut. Program ini bekerjasama dengan pemerintah setempat dan
asuransi kesehatan setempat yang memiliki tujuan dan program yang sama. Bulan
ANC Gratis ini akan diadakan setiap 3 bulan sekali
2.
Hypnobirthing
Hypnobirthing
adalah salah satu cara untuk mempersiapkan persalinan yang alami, nyaman, dan
lancar sehingga tidak merasakan sakit. Relaksasi adalah dasar untuk melakukan hypnobirthing dibarengi dengan teknik
afarmasi dan visualisasi. Teknik afarmasi dilakukan dengan mengulang-ngulang
kalimat positif sedangkan visualisasi adalah penggambaran atau mengkhayal
hal-hal yang indah untuk mengurangi rasa sakit. Hypnobirthing dilaksanakan setiap proses persalinan, agar pasien
merasa lebih nyaman kami menambahkan wewangian minyak lavender atau minyak
zaitun pada ruang bersalin dan telah terkonsep agar ibu lebih merasa rileks
3.
Yoga for Pregnancy
Yoga for pregnancy adalah exercise ringan yang melatih ibu hamil untuk mencapai
keseimbangan antara tubuh yang sehat, pikiran yang jernih dan emosi yang
stabil. Yoga dapat dilakukan dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan. Manfaat
yang didapatkan sangat banyak dari melancarkan peredaran darah, mengurangi
keluhan morning sickness, melatih
pernapasan, meningkatkan konsentrasi, melatih ketenangan dsb. Yoga for pregnancy ini dilaksanakan
setiap hari jumat, sabtu dan minggu pukul 15.00 WIB di PMB Amara Visca dan
bekerja sama dengan instruktur yoga setempat.
4.
Study for Golden Age
Study for golden age adalah program belajar dan bermain ringan untuk anak dalam menghadapi
periode keemasan tumbuh kembang dari 0-3 tahun. Pada periode keemasan tersebut
pertumbuhan otak berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, PMB Amara Visca
bekerja sama dengan para ibu untuk melatih 4 aspek pada tumbuh kembang anak,
mulai dari Bahasa, memori, pendengaran, dan penglihatan yang dinilai melalui
motorik halus, motorik kasar, personal social dan Bahasa. Tujuan dilaksanakan
program pembelajaran Study for golden age
ini diharapkan dapat membangun generasi yang lebih berkualitas sejak dini.
Kelas Study for Golden Age ini dibuka
setiap minggu pagi pukul 10.00 WIB
5.
Family Planning Award
Family Planning Award adalah penghargaan yang diberikan kepada salah satu
keluarga yang dapat mengaplikasikan dan mengatur perencanaan kehamilan dengan
baik. Family Planning Award ini akan
diselenggarakan bertepatan dengan hari kontrasepsi sedunia pada tanggal 26
September setiap tahunnya
Selain pengaturan kehamilan yang baik,
aspek yang dinilai juga dari PHBS (perilaku hidup bersih sehat) seperti
pengelolaan sampah, kategori rumah sehat, dan keluarga yang dapat berperan
aktif dalam Dinas Kesehatan setempat dan BKKBN. Bagi keluarga yang menerima
penghargaan mendapatkan fasilitas KB gratis selama 1 tahun. Tujuan dari
penyelenggaraan program ini adalah untuk mendukung masyarakat untuk lebih
tertarik dengan penggunaan alat kontrasepsi dan mau berpartisipasi dalam hal
tersebut agar tercapainya kehidupan yang lebih berkualitas dan terencana
6.
Day of Lansia
Day of Lansia adalah
hari khusus untuk lebih dekat dengan para lansia yang diselenggarakan setiap 6
bulan sekali. Tujuan penyelenggaraan program ini untuk mengatasi permasalahan
lansia dihari tua mulai dari fisik, psikologi, serta social. Pada day of lansia ini akan diadakan senam
bersama, pemeriksaan rutin kesehatan (posyandu lansia), penyaluran bakat dan
kreatifitas (membuat anyaman, rajutan, kue dsb) serta seminar humor agar para
lansia tidak jenuh dan tetap semangat dalam menghadapi perjalanan hidupnya
7.
Duta Anti Narkoba,
HIV/AIDS, dan Free Sex
Program ini diselnggarakan utuk mengatasi permasalahan kesehatan
reproduksi di Indonesia dan para remaja dapat berperan aktif terhadap
perkembangan fisik, psikologis, serta social mereka agar dapat tumbuh,
berfungsi, serta berperan untuk suatu perubahan. Pemilihan duta ini akan
dilaksanakan setiap 3 tahun sekali dan dipilih dari remaja yang memiliki permasalahan
hidup seperti putus sekolah, anak jalanan, yatim piatu, dsb. Setelah dipilih
remaja tersebut akan diberikan pengajaran tentang kesehatan reproduksi, bahaya
dan dampak dari narkoba serta free sex. Setelah itu, mereka akan diberi
challenge dan yang terpilih akan disekolahkan/diberi lapangan pekerjaan untuk
suatu perubahan yang lebih baik. Program ini telah disetujui oleh pemerintah
setempat dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan kepolisian setempat.
2.4
Jenis Layanan dan Harga-Harga
Jenis Produk dan Harga
a.
ANC
1.
Periksa dan
konsultasi :
Rp 30.000,00
2.
Suntik
TT :
Rp 30.000,00
3.
Cek hemoglobin (Hb) :
Rp 25.000,00
4.
Senam
hamil :
Rp 20.000,00
b.
INC
Pelayanan persalinan :
Rp 800.000,00
c.
PNC
1.
Perawatan
nifas :
Rp 10.000,00
2.
Pemeriksaan
nifas :
Rp 20.000,00
3.
Senam
nifas :
Rp 25.000,00
4.
Kunjungan
rumah :
Gratis
d.
KB
1.
Suntik
1 bulan/3
bulan :
Rp 30.000,00
2.
Pil :
Rp 15.000,00
3.
IUD
•
Pasang :
Rp 400.000,00
•
Control :
Gratis
•
Lepas :
Rp 150.000,00
4.
Implant
•
Pasang :
Rp 400.000,00
•
Control :
Gratis
•
Lepas :
Rp 150.000,00
Bayi dan balita
1.
Imunisasi
•
BCG :
Rp 30.000,00
•
Polio :
Rp 20.000,00
•
DPT :
Rp 20.000,00
•
Campak :
Rp 30.000,0
2.
Tumbang :
Rp 15.000,00
e.
Pelayanan
kesehatan umum :
Rp 20.000,00
f.
Kelas
memasak :
Rp 100.000,00
2.4
Tempat atau Lokasi Usaha
Jalan Amalia, Penggilingan, Kecamatan Cakung, Kota
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
PMB Amara Visca berada pada lokasi yang mudah diakses
dan strategis. Tidak berada dekat dengan pelayanan lainnya ataupun dekat dengan
kebisingan kota seperti di samping mall, pusat perbelanjaan, dll. PMB Amara Visca
memiliki 16 ruangan, dan setiap ruang minimal memiliki diameter 2x3 meter dan
memiliki penerangan/ventilasi yang cukup, terdiri dari :
a.
Ruang register :
tempat pasien pengisian data (rekam medik pada pasien baru atau lama) alasan datang
dan keluhanutama
b.
Ruang tunggu : ruang
tunggu sebelum dilakukan pemeriksaan
c.
Ruang ANC : ruang
periksa atau pelayanan Ante Natal Care melakukan asuhan kebidanan mulai anamnesa
(pasien lama : menanyakan hal yang lebih berfokus pada keluhan pasien untuk
lebih mendalami, pasien baru : ditanyakan hal yang lebih spesifik), Px. Fisik (head
to toe, palpasi abdomen, DJJ, pengukuran TBJ), pemeriksaan penunjang (jika
diperlukan : pemeriksaan kadar Hb, kadar gula darah, PP test, protein urine),
penegakan diagnose sesuai keluhan dan hasil pemeriksaan
d.
Ruang KIE : ruang
konseling dengan pasien (konseling ANC, KB, Kespro dsb)
e.
Ruang VK : ruang
penatalaksanaan Intra Natal Care (INC), mulai dari kala 1 hingga lahirnya bayi
f.
Ruang Nifas : ruang
perawatan setelah partus/PNC, dilengkapi dengan box bayi
g.
Ruang KB : ruang penatalaksanaan
penggunaan KB (suntik, IUD, implant dsb)
h.
Ruang Kespro : ruang
penatalaksanaan Pap Smear dan IVA test
i.
Mushola : tempat
beribadah bagi umat muslim
j.
Ruang Yoga : ruang
penatalaksaan Yoga for Pregnancy,
dilengkapi dengan 10 matras, sound system, dan full kaca
k.
Dapur Umum :
penyediaan makanan dan minuman
l.
Steril Alat :
ruangan untuk sterilisasi alat
m.
Ruang Pertemuan :
ruangan multifungsi untuk mendukung setiap program yang akan dilaksanakan
n.
Loket pembayaran &
pengambilan obat : tempat pembayaran setelah melakukan pemeriksaan dan
pengambilan obat
o.
WC : BAK & BAB
2.5
Kelayakan Usaha
1.
Aspek teknis
Tenaga kerja
: bidan yang memiliki STR, SIPB
Fasilitas : sesuai dengan Permenkes 1464 dan
berkualitas
2.
Aspek pasar
a.
Tidak adanya tenaga
dan fasilitas kesehatan terekat yang memungkinkan masyarakat melakukan
pengobatan
b.
Banyaknya pasangan
usia subur yang memerlukan bimbingan tenaga kesehatan
c.
Banyaknya ibu
hamil, bersalin, nifas, BBL, dan balita didaerah tersebut
d.
Masyarakat yang
masih sangat membutuhkan pelayanan kesehatan
3.
Aspek keuangan
Pendanaan
yang diterima dari sponsor memenuhi prasyarat
Total Dana Bersih
(Modal)
a.
Modal membangun PMB
(bersih) Rp. 90.000.000,-
b.
Listrik, PDAM, Telephone,
TV Kable, Speedy, Rp. 10.000.000,-
WIFI
c.
Pengadaan Alat
1.
Peralatan Tidak Steril Rp.
30.000.000,-
2.
Peralatan Steril (DTT) Rp.
3.000.000,-
3.
Bahan Habis Pakai Rp. 2.000.000,-
4.
Peralatan Pencegahan
Infeksi Rp. 3.000.000,-
5.
Peralatan Lain (Elektronik,
Barang Rp.100.000.000,-
Inventaris,
dll)
6.
Linen (Selimut Pasien,
Sprei, Sarung Rp. 680.000,-
Bantal, dll)
7.
Obat-obatan (KB, Imunisasi,
Analgetik Rp.29.000.000,-
Antipiretik
dsb)
8.
Laundry (Detergen,
Pemutih, Pengharum) Rp. 890.000,-
9.
Gaji Pegawai (per
bulan) Rp. 5.000.000,-
TOTAL Rp.
273.570.000,-
4.
Aspek hukum
a.
Mempunyai SIPB dan
STR
b.
Mempunyai surat
izin usaha
c.
Mendaftar di NPWP
d.
Mempunyai izin
domisili
e.
Mempunyai surat
tanah dan perizinan pembangunan PMB
f.
Mempunyai surat
kepemilikan usaha
g.
Mempunyai ijazah
bidan
2.6
Jenis dan Jumlah Tenaga yang Dibutuhkan
Jenis |
Jumlah |
Bidan pemilik Bidan jaga Asisten rumah tangga Sopir |
1 2 1 1 |
2.7
Barang dan
Alat yang Dibutuhkan
No. |
Jenis Alat |
Jumlah |
A. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 B. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 C. 1 2 3 4 5 D. 1 2 3 4 5 6 7 E. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 F. |
PERALATAN TIDAK STERIL Tensimeter Stetoskop binoculer Stetoskop monoculer Timbangan dewasa Timbangan bayi Pengukur panjang bayi Termometer Oksigen dengan regulator Ambu bag dan masker resusitasi (ibu + bayi) Pengisap lendir Lampu/sorot Penghitung nadi (jam dengan jarum detik) Sterilisator Bak instrumen dengan tutup Palu refleks Alat pemeriksa Hb (Sahli) Set pemeriksaan urine (protein + reduksi) Pita pengukur Sarung tangan karet untuk mencuci alat Apron Masker Pengaman mata Sarung tangan kaki plastik Semprit disposable Tempat kotoran/sampah Tempat kain kotor Tempat plasenta Pot Piala ginjal/bengok besar dan kecil Sikat sabun dan tempatnya Kertas lakmus Semprit gliserin Gunting verband Gelas ukur 500 ml Spatula lidah logam Perlengkapan bayi Perlengkapan ibu PERALATAN STERIL (DTT) Klem pean ½ kocher korentang Gunting tali pusat Gunting benang Gunting episiotomi Kateter karet/metal Pinset anatomi pendek dan panjang Tenakulum/kocher tang Pinset bedah Spekulum Cocor bebek dan sims Mangkok metal kecil Pengikat tali pusat Pengisap lendir Tampon tang Tampon vagiana Pemegang jarum Jarum kulit dan otot Sarung tangan Benang sutera dan catgut Doek steril BAHAN HABIS PAKAI Kapas Kain kasa Plester Handuk Pembalut wanita PERALATAN PENCEGAHAN INFEKSI Wadah anti tembus untuk pembuangan tabung suntik dan jarum Tempat untuk sampah terkontaminasi basah dan kering dalam
tempat terpisah Ember untuk menyiapkan larutan klorin Ember plastik tertutup untuk dekontaminasi peralatan Ember plastik dan sikat untuk untuk membersihkan dan mencuci peralatan DTT set untuk merebus dan atau mengukus Tempat pemyimpanan peralatan bersih yang tertutup rapat FORMULIR YANG DISEDIAKAN Formulir inform consent Formulir ANC Formulir partograf Formulir persalinan/nifas dan KB Buku register : ibu, bayi, anak, KB Formulir laporan Formulir rujukan Formulir surat kelahiran Formulir surat kematian Formulir surat keterangan cuti bersalin Formulir permintaan darah Buku KIA Obat-obatan Pelayanan KB Pil KB KB suntik 1 bulan dan 3 bulan KB implant KB IUD Pelayanan Imunisasi HB0/Pack DPT/Hb/Pack Campak/pack Polio/pack Obat anti perdarahan Oxytocin Metil ergometrin Analgesik Paracetamol Amoxicilin Asam Mefenamat Spuit 3 cc/pack Spuit 5cc/pack Spuit 10 cc/pack Alcohol besar Betadine |
2 2 2 1 1 1 2 1 1/1 2 2 1 1 4 1 2 2 1 4 2 2 kotak 2 2 1 kotak 4 4 10 10 4/4 2 2 set 2 2 2 2 1 lusin 1 lusin 4 4 4 4 4 4 4/4 4/4 2/2 4 2/2 2 10 2 4 10 6 6 6 6 6 2 4 2 3 4 2 2 1 dus 1/1dus 10 10 1 1 1 1 1 dus 1 dus 1 dus 1 dus 1 dus 1 dus 1 dus 1 dus 10 10 |
BAB III
PEMASARAN
3.1
Aspek Pemasaran
Dilaksanakan
berdasarkan 5 komponen yang terkenal dengan istilah 4P 1C yaitu :
1.
Product
Adalah
pelayanan yang disediakan, didefinisikan sebagai objek fisik, layanan
organisasi dan ide. Produk utama yang ditawarkan disini adalah Praktik Mandiri Bidan
(PMB)
2.
Price
Adalah
harga yang ditetapkan yang berhubungan dengan penjualan. Harga yang ditetapkan
nanti telah disesuaikan dengan harga pasar disertai dengan berbagai
pertimbangan dengan tim
3.
Place
Adalah
tempat jasa ditawarkan atau tempat untuk mendistribusikan produk. Tempat yang
strategis, berwawasan lingkungan, tenang, dan nyaman menjadi tujuan pembangunan
kami saat ini
4.
Promotion
Adalah
alat utama untuk melakukan komunikasi persuasive dan memberikan kesadaran
konsumen tentang kebutuhannya.
5.
Consumer
Adalah
pembeli produk atau penerima jasa dapat berupa individu, keluarga, kelompok
masyarakat atau lembaga
3.2
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan
dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dan sebuah
perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah
serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan
harus beroperasi untuk mencapai tujuannya. Sehingga dalam menjalankan usaha
kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena
pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan
pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat”.
Pemasaran menurut W.Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi
seluruh system yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan
harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
bisa memuaskan kebutuhan pembeli actual maupun potensial.
Berdasarkan definisi diatas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa
yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1.
Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan
perusahaan dapat meneydiakan semua permintaan mereka aats produk yang
dihasilkan
2.
Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang
berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai
kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk,
pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar
sampai ke tangan konsumen secara tepat
3.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok
dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya
Pada umumnya kegiatan
pemasaran berkaitan dnegan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai
berikut :
1.
Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.
Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan
social/budaya
Berikut ini adalah hal-hal yang
perlu diperhatikan untuk pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
1.
Tempat yang strategis (place),
2.
Produk yang bermutu (product),
3.
Harga yang kompetitif (price), dan
4.
Promosi yang gencar (promotion).
Dari
sudut pandang konsumen :
1.
Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and
wants),
2.
Biaya konsumen (cost to the customer),
3.
Kenyamanan (convenience), dan
4.
Komunikasi (communication).
Selain 4P,
Adrian pyne menambahkan perlunya orang (people) , yaitu elemen esensial
yang penting dalam produksi dan penyelenggaraan pelayanan yang dapat menjadi
nilai tambah dan lebih kompetitif, dan proses yaitu prosedur, mekanisme rutin
ketika pelayanan diselenggarakan bagi pelanggan.
Suksesnya program pemasaran terutama bergantung pada derajat perpaduan
antara lingkungan eksternal dan kemampuan internal organisasi. Dengan demikian,
pemasaran sebagai suatu proses memadukan dan khususnya penting dalam konteks
pelayanan.
Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan
pelanggan sepenuhnya (total customer satisfaction). Kepuasan pelanggan
sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita inginkan dari
mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana
mereka inginkan. Atau secara singkat adalah memenuhi kebutuhan pelanggan.
Ada hubungan erat antara mutu suatu produk dengan kepuasan pelanggan
serta keuntungan industry. Mutu yang lebih tinggi menghasilkan kepuasan
pelanggan yang lebih tinggi, sekaligus mendukung harga yang lebih tinggi dan
sering juga biaya lebih rendah. Eksekutif puncak masa kini melihat tugas
meningkatkan dan mengendalikan mutu prodek sebagai prioritas utama, sehingga
setiap industry tidak hanya pilihan lain kecuali menjalankan manajemen mutu
total (Total Quality Management).
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Bidan adalah profesi yang
independen. Sekalipun tidak menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bidan dapat
bekerja secara mandiri. Oleh karena itu, setiap bidan harus punya inovasi dan
kreativitas dalam mengembangkan diri untuk melayani sesama dan meningkatkan
kesejahteraannya. Pendidikan dan keterampilan harus selalu ditingkatkan dan
informasi ter Update seputar kebidanan harus selalu diikuti agar dapat
menyesuaikan.
4.2
Saran
Semoga proposal yang saya susun ini dapat terencana dan
terlaksana dengan baik, dan dapat memberikan pengetahuan sedikit tentang
pemberdayaan masyarakat. Saya mengetahui bahwa dalam penyusunan proposal ini
masih sangat banyak terdapat kekurangan baik dari segi penulisannya, bahasa dan
lain sebagainnya. Untuk itu saran dari pembaca yang bersifat membangun sangat
saya harapkan agar dapat terciptannya makalah yang baik yang dapat memberi
pengetahuan yang benar kepada pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
Achmad, Nur. 2015. Kewirausahaan:
Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan. Surakarta: BPK FEB UMS.
Drucker.Peter.F.1993.Inovasi Dan
Kewiraswastaan.Jakarta: Erlangga.
Kasmir. 2010. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada
Kuratko & Hoodgets. 2007. Dalam
Heru Kristanto. 2009. Kewirausahaan (entrepreneurship) Pendekatan Manajemen dan
praktik. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Scarborough, Norman. 2006.
Kewirausahaan The New Venture Formation, Prentice- Hall International, Inc
makasih kakk informasinyaa
BalasHapusbagus bgt kak materinya
BalasHapusmakasih kak informasinya
BalasHapusterimakasih, sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali kak
BalasHapusWaaah makasihhh, lumayan buat nambah-nambah materi hihiii
BalasHapusTerima Kasih kaa, alhamdulillah dapet ilmu baru, sukses terus ya kaa👍💕
BalasHapusBermanfaat banget kak , alhamdulillah dapet wawasan pengetahuan baru...
BalasHapusterimkasih informasinya kak sangat bermanfaat dan mendapat pengetahuan baru, sukses trs ya kak..
BalasHapusTerimakasih atas informasi nya ka bermanfaat sekali
BalasHapusJika minimnya tenaga medis di wilayah tersebut masuk kedalam kategori opportunity, bagaimana cara memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa tenaga medis di tempat praktik bidan adalah tenaga medis yg terbaik?
BalasHapusTerima kasih informasinya :)
BalasHapusSaya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
BalasHapusSaya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339